Minggu, 18 Desember 2016

16:22
Ini 9 Kondisi Penis yang Harus Segera Disunat
Mata_Lelaki - Sunat merupakan tindakan yang sering dilakukan oleh sebagian kaum Adam. Sering kali lelaki melakukan sunat untuk memenuhi kewajiban agama ataupun untuk alasan kesehatan.

Namun menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, dari Rumah Sunatan, ada beberapa kondisi atau penyakit yang mengharuskan laki-laki melakukan sunat dengan segera.

Berikut sembilan penyakit tersebut:

1.Fimosis

Fimosis adalah suatu kondisi di mana ujung kulit depan penis mengalami penyempitan. Fimosis bisa ditemukan karena faktor genetikal (bawaan sejak lahir) atau juga bisa diakibatkan peradangan lubang pada kulit penis sebagai dampak organ vital yang tak terjaga kebersihannya.

2. Parafimosis

Ini adalah kondisi saat kulup penis tidak dapat ditarik kembali ke kepala penis. Parafimosis dapat menyebabkan kulup penis membengkak dan tersangkut, sehingga mencegah peredaran darah terjadi secara optimal pada penis.

3. Balanitis

Kondisi ini ditandai dengan adanya pembengkakan, rasa nyeri atau iritasi kulit pada kepala penis. Kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada lelaki yang tidak disunat.

4. Kondiluma Akuminata

Kondisi ini ditandai dengan adanya kutil di dalam atau disekeliling vagina, penis, atau dubur yang ditularkan melalui hubungan seksual. Kulit genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembab. Pada lelaki, area yang sering terkena adalah ujung atau batang penis dan di bawah kulit depannya apabila tidak disunat.

5. Karsinoma Sel Skuamosa

Ini adalah jenis kanker yang berasal dari lapisan tengah epidermis. Kulit yang terkena kanker akan tampak coklat-merah dan bersisik, kadang menyerupai bercak pada psoriasis, dermatitis atau infeksi jamur.

6. Hipospadia

Kondisi ini adalah salah satu gangguan pada saluran kemih atau uretra dan penis. Dalam kondisi normal, lubang uretra terletak di ujung penis untuk mengeluarkan urine. Tetapi pada pengidap hipospadia, lubang uretra justru berada di bagian bawah penis.

7. Epispadia

Ini adalah kelainan kongiental berupa tidak adanya dinding uretra bagian atas. Kelainan ini terjadi pada laki-laki maupun perempuan, tetapi lebih sering pada laki-laki. Ditandai dengan adanya lubang uretra di suatu tempat pada permukaan penis.

8. Megalouretra

Kondisi ini merujuk pada pelebaran nonobstruktif uretra. Kondisi ini biasanya sudah terbentuk pada tahap perkembangan janin.

9. Webbed Penis

Atau juga disebut palmatus penis/fusi penoscrotal adalah kondisi bawaan di mana kulit skrotum meluas ke batang penis ventral. Penis berselaput juga dapat diperoleh setelah menjalani tindakan sunat yang salah yang mengakibatkan penghapusan berlebihan pada kulit penis.

0 komentar:

Posting Komentar