Minggu, 20 November 2016

15:02
Padamkan Api Cemburu Sebelum Membakar Kebahagiaan Anda

Mata_Lelaki - Cemburu bisa kepada siapa saja, entah kepada teman atau kepada pasangan Anda sendiri. Jika kecemburuan timbul kepada teman karena Anda merasa tidak seberuntung mereka, kecemburuan kepada pasangan bisa muncul karena kurang perhatian.

Menurut seorang ahli psikologi, kecemburuan kemungkinan mencerminkan pandangan Anda terhadap diri sendiri. Hal ini juga menunjukkan seberapa yakin seseorang terhadap jati diri mereka. Rasa cemburu mungkin juga muncul sebagai akumulasi dari ketidaknyamanan dan rasa terancam yang ditimbulkan dari sebuah hubungan yang bahkan sudah dilandasi oleh komitmen.

Ketidaknyamanan di dalam suatu hubungan bisa hadir akibat kata-kata atau tindakan pasangan terhadap Anda. Di lain sisi, rasa terancam bisa terbentuk karena kehadiran orang lain dalam hubungan Anda dan pasangan. Hal lain yang bisa memicu cemburu adalah kurangnya waktu atau perhatian saat menjalin hubungan. Dengan kata lain, cemburu datang ketika ada kekhawatiran bahwa pasangan akan berpaling kepada orang lain.

Efek Buruk Cemburu dalam Kehidupan Anda

Deskripsi yang paling mewakili dari rasa cemburu dalam hati adalah ketika merasa ada seseorang yang tersenyum mengejek sementara Anda terluka. Perasaan ini juga bisa berupa rasa curiga atau khawatir berlebihan terhadap sesuatu yang mengancam hubungan dengan orang terdekat. Saat ini terjadi, Anda harus berhati-hati sebab perasaan cemburu bisa menggiring seseorang untuk bertindak di luar batas kewajaran. Tindakan yang dilakukan atas dasar kecemburuan sering kali menghancurkan kebahagiaan yang sudah dirawat dengan susah payah.

Cemburu terhadap sesuatu atau seseorang akan tumbuh secara alami dan kita susah mengontrol hal tersebut. Hal ini wajar terutama ketika seseorang berada pada titik nadir di dalam kehidupannya. Perasaan cemburu ini merupakan sebuah cara bagaimana seseorang bersembunyi dari perasaan sesungguhnya. Sayangnya, hal ini kemudian akan berubah menjadi menyakiti diri sendiri dan orang lain.

Efek buruk rasa cemburu adalah kemungkinannya untuk bermetamorfosis menjadi perasaan posesif, rasa tidak aman, dan rasa malu. Padahal, kebanyakan sumber kecemburuan sejatinya tidak semenakutkan yang dikhawatirkan. Namun karena tidak dikelola dengan baik, maka yang terjadi kemudian adalah menyiksa dan mencaci-maki diri sendiri serta cenderung tidak puas dengan diri sendiri. Yang menakutkan adalah seseorang bisa saja menderita kecemasan berlebih akibat hal-hal semacam ini.

Padamkan Api Cemburu dengan Cara-cara Berikut

Karena memiliki efek yang merugikan bagi keberlangsungan hidup Anda dalam meniti kebahagiaan, maka rasa cemburu harus bisa ditanggulangi. Beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Pahami makna cemburu dan iri hati

Untuk memadamkan rasa cemburu, mulailah dengan memahami bahwa perasaan tersebut alami dan normal. Akuilah bahwa Anda memang cemburu atau iri dan hal tersebut merupakan masalah yang Anda ciptakan sendiri karena emosi sesaat. Dengan demikian, upayakan agar hal tersebut tidak dilampiaskan kepada orang lain.

Tiada alasan memelihara kecemburuan

Kebanyakan perasaan cemburu muncul karena hanya berlandaskan kecurigaan. Maka dari itu, cobalah ketahui fakta yang ada dengan sebenar-benarnya agar perasaan cemburu tidak berlanjut membakar kebahagiaan Anda sendiri. Jika hal ini ditujukan kepada pasangan, cari tahu apakah memang benar ada orang ketiga atau hal itu hanya ketakutan Anda saja. Jika kecemburuan ditujukan kepada orang lain, sadarilah bahwa dia memang layak mendapatkan apa yang dia peroleh.

Cemburu itu membunuhmu

Jika tidak ingin kehidupan hancur oleh rasa cemburu, maka sadarilah bahwa hal tersebut hanya berujung kepada kesengsaraan. Jangan pernah tergoda untuk memata-matai pasangan dan bertukar caci maki dengan orang yang dianggap merusak kehidupan Anda. Hindari juga terlarut ke dalam perasaan yang Anda anggap tidak adil ini. Jika hal-hal merugikan tersebut dilakukan, maka bersiaplah untuk hidup dalam keterpurukan.

Komunikasi menjadi kunci

Untuk memadamkan api cemburu, komunikasi bisa menjadi kunci. Berbicaralah jujur dengan pasangan mengenai perasaan Anda dan apa yang memicu kenapa hal tersebut bisa muncul. Terjalinnya komunikasi yang baik juga akan membuka diskusi tentang keinginan dan bagaimana pasangan memperlakukan Anda. Jika rasa cemburu atau iri datang dari teman, bicaralah mengenai bagaimana mereka dapat meraih sesuatu yang lebih baik dari Anda. Tirulah hal tersebut agar Anda bisa selevel atau bahkan lebih baik dari mereka.

Meski cemburu bersifat alami dan kerap mendera perasaan dengan kuat dan tidak terkendali, namun bukan berarti Anda harus menderita karenanya. Melalui upaya komunikasi secara terbuka dan senantiasa meningkatkan kualitas diri, maka hal tersebut bisa membuat kita bangkit sehingga tidak tenggelam oleh genangan kecemburuan atau iri hati.

0 komentar:

Posting Komentar