Kamis, 07 September 2017

10:53
Daftar Caleg dari PSI, Giring Nidji Pilih Komisi Pendidikan


Mata Lelaki - AirAsia Bhd lebih memilih untuk membawa anak usahanya PT Indonesia AirAsia (IAA) melantai di pasar modal melalui pintu belakang (backdoor listing) ketimbang melalui proses penawaran umum saham perdana (IPO). Adapun emiten yang menjadi target backdoor listing-nya yakni PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk (CMPP). Agen Bola Terpercaya

Padahal rencana IPO IAA sudah didengungkan sejak 2015 yang lalu. IAA ditargetkan bisa IPO pada 2016, namun tanpa alasan yang jelas perusahaan maskapai asal Malaysia itu terus mengulur rencana tersebut. Hingga akhirnya berita backdoor listing itu muncul. Agen Casino Terbaik

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku tidak masalah dengan keputusan AirAsia tersebut. Meskipun hal itu tentunya mengurangi potensi bagi BEI untuk menambah jumlah emiten baru.


"Ya tidak apa-apa. Kalau dilihat secara kaca mata lebih luas ini akan menggerakan saham perusahaan yang diakuisisi. Biasanya perusahaan yang diakuisisi tidak terlalu besar, secara market juga nggak likuid. Kemudian jumlah pemegang sahamnya nggak terlalu banyak," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/9/2017). Agen Poker Indonesia Terbesar

Samsul mengakui, untuk menjadi perusahaan go public IPO memang bukan satu-satunya cara. Menggunakan skema backdoor listing tetap diperbolehkan.




Backdoor listing sendiri merupakan istilah aksi korporasi yang sering didengar oleh pelaku pasar. Penjelasan secara awam backdoor listing merupakan aksi akuisisi oleh perusahaan non go public kepada perusahaan yang sahamnya tercatat di pasar modal dalam jumlah besar. Sehingga seolah-olah perusahaan non go public tersebut sudah hadir di pasar modal.

Dalam konteks AirAsia skemanya bermula CMPP akan melakukan right issue. Saham baru CMPP itu akan diserap Air Asia Investment Ltd dan PT Fersindo Nusaperkasa sebagai pembeli siaga. Sedangkan Rimau Multi Investama selaku pemegang saham utama tidak akan mengambil bagian dari rights issue tersebut. 

Nah dana hasil IPO tersebut sebagian besar akan digunakan CMPP untuk membeli saham IAA. Dengan begitu CMPP juga menjadi pemiliki baru IAA.

0 komentar:

Posting Komentar