Senin, 24 Oktober 2016

10:58
Komstir Atau Steering Head Motor Loe Sering Rusak ? Coba Cara ini Bro....
Mata_Lelaki-Komstir atau steering head adalah komponen penting bagi kenyamanan berkendara sepeda motor. Fungsinya menyeimbangkan dan menstabilkan stang motor serta meminimalisir getaran.

Agar kinerjanya maksimal, kekencangan komstir harus diatur sedemikian rupa. Kekencangannya dapat diatur dengan menyetel mur pengunci atas dan mur stabiliser kekencangan laher di rumah komstir.

Menurut Darmawan, mekanik Widi Berkah Motor yang terletak di Srengseng Sawah, Depok, jika motor lebih banyak melewati jalanan yang rusak, maka baiknya tidak terlalu kencang. Sebaiknya, jika yang sering dilewati adalah jalanan mulus beraspal, maka lebih baik komstir di-setting lebih keras.

Pasalnya, dengan komstir yang agak longgar, manuver jadi lebih ringan, meski komponen lain seperti bearing bakal lebih cepat bermasalah.

Meski demikian, Darmawan menggarisbawahi bahwa semuanya ada batasnya dan punya kelemahan masing-masing.

"Jangan terlalu kencang. Misalnya kalau terlalu keras susah belok, tapi kalau terlalu kendur juga stang akan goyang di kecepatan tinggi," ujarnya kepada Mata_Lelaki, beberapa waktu yang lalu.

Kemudian, Darmawan mengingatkan pemilik motor untuk menggunakan komstir yang sesuai standar.

Misalnya, komstir Yamaha Mio bisa digunakan untuk Yamaha Byson. "Apalagi Byson komstirnya lumayan mahal," tambahnya.

Terakhir, pria yang akrab disapa Jek ini juga mengingatkan bahwa "komstir rusak juga sering karena kurang gemuk." Karenanya ia menyarankan perawatan berkala di bagian ini, minimal memberikannya gemuk agar gesekan antar komponen bisa diminimalisir.Mata_Lelaki

0 komentar:

Posting Komentar